cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Ecopreneur.12
ISSN : 26143968     EISSN : 26156237     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecopreneur.12 menfasilitasi penelitian bagi para dosen Khususnya di fakultas ekonomi dalam melakukan proses publikasi ilmiah.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019" : 8 Documents clear
PENGARUH PELATIHAN KERJA, PENGALAMAN KERJA DAN PENDIDIKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA Ahmad Fathoni Rodli
Ecopreneur.12 Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i2.499

Abstract

PT. Monier di Sidoarjo merupakan objek penelitian, yang beralamat di jalan Sidomulyo, km 20 Desa Buduran, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidaorjo. PT. Monier adalah perusahaan yang memproduksi solusi atap sejak tahun 1973. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan kerja, pengalaman kerja dan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja PT. Monier di Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu (1) Pelatihan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Monier di Sidoarjo dengan nilai thitung 2,431 dan nilai signifikan 0,019 (sig < 0,05). (2) Pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Monier di Sidoarjo dengan nilai thitung 2,807 dan nilai signifikan 0,007 (sig < 0,05). (3) Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Monier di Sidoarjo dengan nilai thitung 2,282 dan nilai signifikan 0,027 (sig < 0,05). (4) pelatihan kerja, pengalaman kerja dan pendidikan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Monier di Sidoarjo dengan nilai Fhitung 11,629 dan nilai signifikan 0,000 (sig < 0,05). Koefisien determinasi (R2 ) sebesar 402, dapat diartikan bahwa 40,2% produktivitas kerja karyawan PT. Monier dipengaruhi oleh variabel Pelatihan kerja, pengalaman kerja dan pendidikan. Kata Kunci: Pelatihan Kerja, Pengalaman Kerja, Pendidikan, Produktivitas Kerja
ANALISA REBRANDING TERHADAP BRAND ASSOCIATION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIASI TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN GOJEK SURABAYA Reizano Amri Rasyid; Rachma Rizqina M
Ecopreneur.12 Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i2.495

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih seperti sekarang ini, menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia, keadaan tersebut memunculkan persaingan yang semakin ketat baik antar perusahaan domestik maupun dengan perusahaan asing. Salah satu asset untuk mencapai keadaan tersebut adalah citra merek, dimana gojek sangat memahami hal tersebut. Gojek menyadari dan sangat aware akan pentingnya menciptakan dan mempertahankan sebuah identitas grafis (logo) yang kuat dan mantap. Seiring perkembangan zaman banyak perusahaan yang memproduksi produk-produk bersaing dalam pangsa pasar yang luas, hingga identitas grafis diperlukan sebagai sebuah ciri yang menonjol dari sebuah perusahaan atau produk.Kata kunci: Rebranding, Gojek, Image, Loyalty.
PENGARUH MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN Nuning Nurna Dewi
Ecopreneur.12 Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i2.500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh motivasi dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan,sumber data yang di gunakan adalah data primer dan sekunder, didalam penelitian ini populasi dan sample yang di gunakan 100 karyawan dari bagian produksi,jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah survey karena hendak melihat pengaruh motivasi dan komitmen organisasi terhadapkepuasan kerja dan kinerja karyawan,pengukuran data yang dalam penelitian ini menggunakan skala likert 5 gradasi. populasi yang di gunakan dalam penelitian ini melibatkan 100 responden sedangkan alat pengumpulan data yang di gunakan yaitu angket berupa kuisioner,alat olah data yang di gunakan dalam uji validitas dan reabilitas adalah spss versi 20,0 ,sedangkan untuk analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan program amosversi 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja juga dapat di terima ,komitmen organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja juga dapat di terima , motivasi berpengaruh terhadap kinerja juga dapat di terima , komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja tidak dapat di terima, kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dapat di terima. Kata kunci; Motivasi, komitmen organisasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan
PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO Suryati Eko Putro
Ecopreneur.12 Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i2.496

Abstract

Salah satu komponen dalam pembangunan atau penyempurnaan administrasi pembangunan adalah pendayagunaan kepegawaian mulai dari pengadaan, pembinaan serta pendidikan dan latihan, sehingga dalam administrasi pembangunan juga menyangkut masalah kepegawaian. Pegawai sebagai sumber daya manusia dalam birokrasi pemerintahan yang handal dan profesional merupakan suatu keharusan agar tanggung jawab penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel komunikasi, motivasi dan gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo, sedangkan gaya kepemimpinan merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kinerja pegawai.Kata kunci : komunikasi, motivasi, gaya kepemimpinan dan kinerja pegawai
ANALISIS PANGSA PASAR DALAM MENINGKATKAN POTENSI KOPERASI INTAKO SIDOARJO Rezza Rosita Prastika Sari; Wulandari Harjanti; Safa’at .
Ecopreneur.12 Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i2.501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pangsa pasar di bawah kendali mereka dalam meningkatkan potensi Koperasi Intako Sidoarjo dengan menggunakan perhitungan analisis pangsa pasar produk tas pada bulan Agustus 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari wawancara dengan informan pertama yaitu Ketua Koperasi Intako Sidoarjo dan kemudian dengan pesaing Intako untuk mengetahui total penjualan produk tas pada Agustus 2019. Analisis data adalah dengan menghitung total pangsa pasar Koperasi Intako Sidoarjo penjualan produk tas dengan total penjualan industri menggunakan unit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perhitungan analisis pangsa pasar Koperasi Intako Sidoarjo diperoleh hasil perhitungan sebesar 24,42% dimana hasilnya menunjukkan bahwa Koperasi Intako Sidoarjo memenangkan pangsa pasar yang sangat baik, yaitu data tentang akuisisi pangsa pasar yang telah dilakukan memberikan informasi bahwa dalam kategori tas kulit dan sintetis yang dijual dan dipasarkan diketahui Koperasi Intako Sidoarjo sebagai industri tas yang mendapatkan pangsa pasar terbesar dibandingkan dengan pesaingnya, yang mendapatkan tempat pertama. Hasil ini menunjukkan bahwa Koperasi Intako Sidoarjo dapat meningkatkan potensinya dengan mempertahankan pangsa pasar yang telah dicapai dengan mempertahankan kualitas produk dan layanannya, dan memperluas pangsa pasar dengan melakukan lebih banyak promosi melalui media online untuk mencapai pangsa pasar yang lebih luas.Kata kunci: Bauran Pemasaran, Pangsa Pasar, Persaingan
STRATEGI PEMASARAN MELALUI ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN KOPI LOKAL Noneng R Sukatmadiredja; Windy Mella Rosita
Ecopreneur.12 Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i2.497

Abstract

Penelitian berjudul Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT Di Perusahaan Kopi Lokal PT. Berontoseno Kediri. Bertujuan untuk mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan dan Peluang, ancaman yang dimiliki oleh perusahaan dan untuk menemukan strategi pemasaran yang relevan yang digunakan oleh PT. Berontoseno Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan objek penelitian aplikasi strategi pemasaran perusahaan, dengan menggunakan analisis SWOT yaitu menganalisis strategi SO (Strength-Opportunity), ST (Strength-Weakness), WO (Weakness-Opportunity), WT (Weakness- Ancaman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan internal yang mempengaruhi strategi pemasaran PT. Berontoseno Kediri adalah kopi bubuk berkualitas baik, harga produk lebih murah daripada produk pesaing, posisi bisnis yang masih melakukan kegiatan secara mandiri dengan peralatan sederhana, dan juga karena keterbatasan jumlah modal perusahaan. Faktor lingkungan eksternal yang berpengaruh adalah ketersediaan bahan baku yang memadai, masyarakat perlu minum konsumsi dalam bentuk kopi, persaingan dengan perusahaan sejenis, serta meningkatnya substitusi produk. Hasil analisis SWOT menghasilkan delapan strategi alternatif yang perlu dilakukan oleh PT. Berontoseno Kediri, mengembangkan jaringan pemasaran, meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, memperkuat kerja sama dengan lembaga pemerintah, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan pelatihan, meningkatkan kegiatan promosi dan periklanan, menetapkan harga untuk menghadapi persaingan, meningkatkan penggunaan teknologi, dan menekan segala kemungkinan biaya kebocoran operasional.Kata kunci: Strategi Pemasaran, SWOT
EVALUASI KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN MELALUI PROGRAM SALAM 30 MENIT SEBAGAI PERWUJUDAN AKUNTABILITAS PADA SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAH DAERAH DI KABUPATEN SIDOARJO Drs Setiawan
Ecopreneur.12 Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i2.502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Instansi Pemerintah Daerah dalam pembuatan akta kelahiran melalui program salam 30 menit sebagai terwujudnya akuntabilitas pada Sistem Akuntansi Pemerintah di Kabupaten Sidoarjo. Bentuk Keberhasilan program salam 30 menit dilihat dari adanya peningkatan jumlah penerbitan kutipan akta kelahiran sesudah program sebesar 78,75%. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan statistik pada uji beda parametrik. Pada Uji Beda Parametrik (Paired Sample t-test) menunjukkan nilai Asym.Sign 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 (Ha diterima dan Ho ditolak), artinya terdapat perbedaan signifikan jumlah penerbitan kutipan akta kelahiran sebelum dan sesudah program. Rata-rata penerbitan kutipan sebelum program sebanyak 1.971 lembar dan sesudah program sebanyak 2.503 lembar kutipan. Kata kunci: kinerja, pembuatan akta lahir, program salam, akuntabilitas.
RETURN SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA TAHUN 2014-2018 Sekartadjie G; M Ninnasi
Ecopreneur.12 Vol 2, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v2i2.498

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dua rasio keuangan terhadap return saham pada perusahaan sektor manufaktur di Indonesia.Variabel independen adalah dua rasio keuangan yaitu rasio likuiditas yang diproksikan dengan current ratio (CR) dan cash ratio (Cash) serta rasio profitabilitas yang diproksikan dengan return on equity (ROE) dan net profit margin (NPM). Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan manufaktur selama tahun 2014 hingga 2018 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Menggunakan teknik sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 90 perusahaan dengan alat analisis SPSS versi 21. Hasil peneltian adalah CR berpengaruh negatif tidak signifikan, Cash berpengaruh positif tidak signifikan, sedangkan ROE dan NPM berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Kata Kunci:rasio keuangan, return saham, current ratio, cash ratio, return on equity, net profit margin

Page 1 of 1 | Total Record : 8